Kamis, 11 April 2013

KEGIATAN CSR / CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY / TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

TANGGUNG JAWAB SOSIAL SUATU USAHA ATAU PERUSAHAAN 

Ketika kita bicara tentang lingkungan di Indonesia, pikiran kita pastilah tidak terlepas dari bayangan hamparan hutan yang luas atau perairan Indonesia yang jernih. Tapi sadarkah kamu bahwa hampir seluruh hutan produksi Indonesia yang luas dan indah tersebut, beserta seluruh sumber daya alam yang dihasilkannya telah menjadi produk komoditi dan berada dibawah pengelolaan perusahaan lokal dan internasional? Sadar atau tidak, kitalah yang membuat perusahaan terus berproduksi dan kita jugalah yang wajib untuk memastikan bahwa apa yang kita butuhkan tidak membawa kerusakan berkepanjangan pada alam tercinta kita.

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa CSR merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mempertimbangkan kelestarian alam serta kelangsungan hidup masyarakat disamping dalam melakukan proses produksi kesehariannya. Adanya CSR membuat perusahaan harus mempertimbangkan segala dampak negative dan positif yang akan mereka hasilkan sebelum mengambil suatu keputusan. Dan CSR juga membuat perusahaan melakukan berbagai bentuk kegiatan di luar keseharian dari bidangnya sebagai bentuk persembahan bagi lingkungan dan masyarakat.

Mengapa? CSR yang dilakukan secara voluntary atau sukarela oleh perusahaan pada dasarnya tidak benar-benar menunjukan bahwa perusahaan sungguh peduli pada masyarakat dan lingkungan. CSR bagi perusahaan adalah sebuah strategi yang membawa sustainability atau keberlanjutan bagi masyarakat juga membawa sustainability bagi perusahaan. CSR merupakan citra dan branding yang dapat diangkat perusahaan dalam memasarkan produknya. Kita tentu akan lebih menghargai keberdaan perusahaan yang tampak peduli dibanding dengan perusahaan yang secara terus menerus merusak hutan tanpa memberikan tanggung jawab. Dalam hal ini, CSR mendatangkan profit yang lebih bagi perusahaan. 

CSR juga merupakan bentuk justifikasi atau pembenaran perusahaan mengenai bagaimana ia telah beroperasi sejauh ini dan bagaimana keberadaannya juga telah membawa keuntungan besar bagi masyarakat dan lingkungan. Dari segi ini, kita melihat bahwa CSR lebih menjadi senjata bagi perusahaan untuk melindungi dirinya. Terlebih lagi, CSR sepertinya juga dijadikan sebagai bentuk penyeimbang atas sejumlah permasalahan yang timbul akibat aktifitas perusahaan.

Sebagai konsumen dan pemerhati lingkungan, memperhatikan produk yang kita konsumsi dan bagaimana produk tersebut diciptakan adalah suatu hal yang penting. Kita tentu pernah mendengar bagaimana sejumlah besar orang pernah melakukan boikot terhadap perusahaan yang terbukti menggunakan primata sebagai bahan percobaan. Begitu pula yang dapat kita lakukan bagi lingkungan. Mengetahui CSR akan membawa kita pada pengenalan terhadap apa dan bagaimana suatu produk dihasilkan. Dan dengan pengetahuan dan pengenalan yang lebih luas lagi, diharapkan kita akan lebih mampu untuk menjaga lingkungan dan bumi kita tercinta ini.

CONTOH PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN CSR 

PT.SIDO MUNCUL


PT SidoMuncul menggandeng Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) selama tiga bulan terakhir merealisasikan bakti sosial operasi katarak terhadap 1.693 mata (1 mata = 1 pasien), yang merupakan bagian dari  rencana pengoperasian serupa sebanyak 12.000 mata hingga akhir Desember mendatang.

Regional Marketing Manager SidoMuncul Rico Hidayat menyebutkan  perusahaan obat herbal tersebut telah mengadakan operasi katarak sejak 2011 terhadap 6.000 pasien, sebagai bagian dari pencanangan gerakan penanggulangan buta katarak di Indonesia. Bakti sosial serupa dilanjutkan tahun lalu dengan mengoperasi 12.746 mata. bakti sosial (baksos) operasi katarak secara  nasional ditargetkan menjangkau 12.000 pasien, dan hingga pertengahan bulan ini terealisasi 1.693 mata antara lain 100 pasien di Surabaya dan pasien dengan jumlah sama di Malang. 


Kegiatan tersebut selain melibatkan Perdami, SidoMuncul juga didukung Pundi Amal SCTV guna membiayai operasi katarak bagi 600 pasien pada tahun ini. Penanggulangan buta katarak itu telah dilakukan di Bandung, Karawang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Malang.
Untuk membiayai operasi katarak terhadap 12.000 pasien pada 2012 pihak SidoMuncul disebutkan mengeluarkan dana Rp12 miliar, yang merupakan perwujudan program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) perusahaan obat tradisional itu.

TOKO BANGUNAN CAHAYA LOGAM


Selain di perusahaan-perusahaan besar yang melakukann CSR atau dalam artiannya tanggung jawab sosial. Usaha-usaha di kalangan menengah kebawah pun tidak kalah dari usaha yang kalangan menengah keatas.
 
contohnya saja toko bangunan ini. Setiap costumer atau pembeli membeli produk apa saja yang ada di toko tersebut dengan jumlah total minimal 10 juta keatas mereka melakukan pembagian hadiah. Seperti contohnya : handpone, peralatan masak, gelas dll. Mereka memberikan hadiah tersebut karena mereka merasa tokonya tersebut masih bisa di percaya oleh masyarakat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar